Selasa, 07 November 2017

13 Kuliner Tradisional Khas Dari Aceh

Tags

Sejuta Langkah Kita - 13 Kuliner Tradisional Khas Dari Aceh -Berjalan-Jalan ke Suatu Tempat atau Ke sebuah Wilayah yang Mungkin Belum Pernah anda Jelajahi Mungkin Belum Lengkap Rasanya jika anda tidak Mencicipi makanan Khas Yang ada di Wilayah Tersebut..dan Kali Ini Mimin akan Mengajak Kalian semua Untuk Mencicipi Kenikmatan makanan Khas Yang ada di Aceh, banyak Sekali Pastinya Jenis makanan ya..tetapi Ini adalah Beberapa Jenis makanan Khas Aceh yang Harus Kalian Cicipin Jika Bermain Ke Aceh..apa Saja makanan Khas Yang harus Kalian Cicipin..Kita Ketahui Langsung saja Ya...

1. Mie Aceh


Mie aceh, Adalah salah satu jenis kuliner yang sangat menggoda dari aceh, dapat di cicipi dengan dua cara, yakni di goreng atau di rebus ( menggunakan Kuah ). Untuk rasa anda Bisa memiliki sendiri, apakah anda Ingin Pedas ataupun tidak. sebagai variasi bisa Menggunakan kepiting, daging atau seafood variasi inilah yang nanti menetukan nama Mienya.

2. Sate Matang


Sate matang Sudah Bergema di setiap Kota seluruh Aceh, Medan, Bahkan sampai pada Jakarta. di Mana ada masyarakat aceh bermukin di kota-kota besar di indonesia. Pasti ada gerobak yang berlutiskan "Sate Matang". Di namakan sate matang karena asalnya dari daerah matang, Bireuen. Yang bikin Special sate ini karena makannya dengan Kuah Soto. di Banda Aceh banyak Sekali Warung yang menyediakan makanan ini. salah satunya ada di Rex Peunanyong.

3. Kuah Pliek U


Kuah Pliek U apa itu? Kuah Pliek U adalah Makanan Aceh yang sangat populer dengan campuran berbagai rasa dan kaya akan Vitamin serta Zat-zat yang bisa meningkatkan Gairah dan Kekebalan tubuh. selain itu juga Kuah Pliek U juga Merupakan makana yang melambangkan kekerabatan dan keanekaragaman dalam masyarakat Aceg yang dapat di satukan dalam satu Kuali, Sehingga Menghasilkan Rasa yang Unik dan banyak di gemari oleh seluruh masyarakat di seluruh dunia. Kuah Pliek U Juga Merupakan media Memperkenalkan hasil alam Aceh yang begitu kaya akan jenis Sayurnya yang ada di aceh. Masakan ini wajib di makan, karena pergi ke aceh tanpa makan Kuah Pliek U, Sama Dengan Seperti belum pergi Ke Aceh. Masakan Ini sangat mudah Sekali di dapatkan, 90% Rumah makandi Aceh pastinya Menyediakan Menu Kuah Pliek U.

4. Gulai Kambing


Gulai kambing Aceh mempunyai Rasa yang Khas, karena memakai Bumbu Khas aceh. di masak dengan Menggunakan kuali besi yang besar dan terus di panaskan. artinya kapanpun anda Pesan gulai Kambling selalu di hidangkan dalam Keadaan yang panas, daging kambingnya pun sangat empuk dan tidak Berbau/ anda juga akan di Hidangkan Daging Rebus cincang yang di campur dengan Bawang dan cabe rawit tumbuk serta jeruk nipis sebagai pelengkap gulai kambing. kalau berkunjung ke banda Aceh jangan Lupa untuk Mencicipo Hidangan Yang satu ini.


5. Kuah Masam Keu-eung


Masakan Asam Pedas adalah Masakan Yang ada hampir di Seluruh Indonesia, Bahkan Asia Tenggara dengan nama Bermacam-macam. di Aceh masakan ini bernama Asam Keueung atau masam Keueung yang artinya secara Harfiah adalah masam Pedas.

6. Kuah Sie Itek


Maskan Itik atau Bebek sangat banyak Ragamnya dan macamnya di Nusantara. Tetapi yang ini jelas Sangat berbeda karena masakan bebek ini punya Resep tersendiri dari aceh. Gule Itek dari aceh yang paling terkenal dating dari bireun di daerah ini bumbunya sangat Terasa. penasaran bukan? anda Bisa Langsung untuk Mencobanya di Restora-restoran khas Aceh yang ada di Sekitar tempat tinggal anda.

7. Ayam Tangkap


Ayam Tangkap, Bukan Berati makan sambil Menangkap ayam ya..hehe..Ayam tangkap adalah Makanan Khas Aceh Besar, Yang terbuat dari ayam yang telah di Goreng dengan cabai Hijau dan Daun Teumuru atau salam koja atau daun Kari ( Orang Aceh banyak Menyebutnya Teumuru sementara 2 nama lainnya saya dapat dari. Rassanya memang seperti Ayam Goreng Biassa di tambahi Aroma daun Teumuru dan cabai Hijau sehingga Sensasi rasanya Tersendiri. Ayamnya Juga di Potong Kecil-Kecil Sehingga Tersembunyi di balik tumpukan daun teumuru dan Cabai Hijau Goreng serta Taburan bawang Goreng di atasnya, Mungkin Karena tersembunyi itulah Maka di namakan ayam Tangkap..Masuk akal sihh tapi Lucu Juga namanya ya.

8. Rujak Aceh


Anda tentu tidak asing lagi dengan Rujak. kudapan sehat itu Terbuat dari aneka buah segar yang di cocol dengan sambal gula merah. Namun, Pernahkah anda Mencoba Rujak Aceh? Berbeda dengan Rujak Yang biasa kita makan, Rujak aceh ini memiliki ciri Khas yang membuat Rujak aceh ini berbeda dengan rujak pada Umumnya.

Yang membuat Rujak aceh berbeda adalah buah yang di pakai. rujak Aceh menggunakan Buah Rumbia khas aceh. Buah Yang daunnya di Gunakan untuk Membuat atap rumah ini di serut bersama buah-buahan lainnya.

Rujak aceh sudah menjadi makanan Tradisional di daerah ini sejak lama. Makanan ini nikmat di amakan dalam keadaan yang dingin atau di campur dengan es serut dengan siraman saus rujak dan di nikmati pada siang hari yang terik.

9. Martabak Aceh


Martabak ini adalah martabak Khas Aveh yang berbeda dari martabak yang biasa Kita Kenal bagaiman dengan cita rasa makannya? martabaknya tentu Berbeda dengan martabak yang biasa kita temui.

Dengan Bahan dasar roti Cane, sedangkan Martabak ini menggunakan ROti cane sebagai ( Kulitnya ), dan Dengan rasa yang Gurih dan sedikit pedas, martabak Aceh ini enak untuk di santap sebagai cemilan dan sangat di anjurkan di nikmati dengan Coffee.

10. Ungkot Kemamah


Ungkot Kemamah Merupakan Masakan Khas Aceh Lainnya dengan cita rasanya yang sangat Menantang. Persis Seperti Bentuknya, Ikan kemamah terbuat dari ikan tuna yang telah di rebus dan di keringkan yang kemudian diiris-iris. Ikan kemamah dapat di masak dengan menggunakan Berbagai bahan masakan, seperti santan kepala, kentang, Cabai Hijau dan Bahan Rempah lainnya. selama Perang Melawan Belanda di Hutan Belantara, Jenis masakan ini sangat Terkenal karena sangat mudah di bawa dan di masak.

11. Kue Adee


Kue Tradisional Se Bingkang manis, ini Hanya bisa anda Temui di aceh, Khususnya di Kawasan kabupaten Pidie jaya. Namanya Pun tidak susah Untuk dihafal, Yakni Adee. Adee merupakan Jenis Kue Bertekstur lembut,legit, dan manisnya berasal dari Gula asli. Sepintas kue ini mirip dengan bingkang. adee bisa menjadi Paduan enak saat menyeruput segelas Kopi atau Teh. Juga Bisa Menjadi Hidangan Istimewa untuk Menjamu tamu. ataupun sebagai Oleh-oleh teman dan Kerabat di luar kota.

12. Kue Timphan


Hidangan Kue Khas Aceh di saat Lebaran Atau hari raya baik hari raya Idul fitri maupun Idul adha, timphan ini dibuat 1 atau 2 Hari sebelum Hari Lebaran dan daya tahannya bisa mencapai lebih kurang satu minggu, timphan adalah menu hidangan utama buat tamu yang datang dan Berkujung kerumah saat lebaran.

Timphan yang merupakan makanan Lembek Berbalut daun Pisang muda ini yang paling terkenal adalah Timphan rasa Srikaya. Sebelum Menjelang lebaran Biasanya Ibu-ibu Sudah Menyiapkan daun Pisang mudah Baik Memetik di Kebun atau beli di Pasar.

13. Kopi Aceh


Jangan Mengaku Pecandu Kopi Jika Belum Pernah Merasakan Kenikmatan dan Kedahsyatannya Kopi Aceh. Aceh dari dahulu menang terkenal sebagai salah satu penghasil Kopi Terbesar di indonesia, dengan Cita rasanya yang khas dan aroma yang kuat, seperti Kopi aceh Gayo. Kopi aceh pada dasarnya sama dengan Kopi-kopi pada Umumnya. Namun, karena cara Penyajiannya yang agak berbeda, Kopi aceh memiliki perbedaan rasa malah di dalamnya terdapat kandungan antitoksin, menambahkan stamina tubu dan dapat mengencangkan Kulit. Kopi aceh sangat special rasanya karena anda tidak akan menemukan kopi senikmat kopi aceh di daerah manapun di indonesia. Hal menarik saat menikmati kopi di aceh adalah dengan Bersantai dan bercanda dengan teman-teman dan kerabat. Menikmati Kopi di aceh adalah Pengalam yang unik dan Langka.


~ TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG ~
~ DI ~
~ SEJUTA LANGKAH KITA ~


EmoticonEmoticon