Kamis, 09 November 2017

10 Makanan Khas Sumatera Barat

Tags

Sejuta Langkah Kita - 10 Makanan Khas Sumatera Barat - Makanan khas Sumatera Barat sudah terkenal kelezatannya di seantero tanah air. Jadi, sangat disayangkan kalau berkunjung ke Ranah Minang tanpa mencoba kelezatan kulinernya. Ada cukup banyak kuliner khas Sumatera Barat yang bisa dirasakan.

Selain itu, saat ingin merasakan kuliner makanan khas Sumatera Barat, ada juga hal yang harus diperhatikan. Terutama bagi yang punya penyakit kolesterol, nampaknya harus menahan diri. Terlebih karena makanan khas dari Sumatera Barat terkenal dengan penggunaaan santan kelapa yang sangat kental.


1.RENDANG


Rendang memang merupakan makanan khas Sumatera Barat yang bisa dicoba di mana saja. Terlebih karena menu yang satu ini kerap hadir di rumah makan Padang. Bahkan rendang dikenal sebagai salah satu masakan terlezat dunia. Namun bagaimana rasanya masakan rendang yang disantap asli di tanah Sumbar? Bikin penasaran kan? Makanya, rendang pun wajib untuk dicoba saat berkunjung ke sana.

2.SATE PADANG


Sate Padang juga menjadi kuliner makanan khas Sumatera Barat yang wajib dicoba saat plesir ke Sumatera Barat. Dan di Sumatera Barat, ada beberapa rumah makan yang terkenal dengan sajian sate padangnya. Salah satu yang sudah legendaris adalah rumah makan Sate Padang Mak Syukur yang ada di Padang Panjang. Kudu nih dicoba!

3. NASI KAPAU


Nasi Kapau juga menjadi menu kuliner wajib saat berkunjung ke Sumatera Barat. Nasi kapau berbeda lho dengan nasi padang. Nasi kapau ini merupakan kuliner yang berasal dari daerah bernama Kapau Sumbar. Kalau ke Bukittinggi, ada satu tempat yang terkenal dengan sajian nasi kapau-nya, yakni Pasar Lantai Wisata Lantai Dasar.

4.AYAM POP


Kalau ke Sumbar, jangan lupa juga untuk mencicipi ayam pop. Ayam pop ini merupakan sajian khas Sumatera Barat yang dibuat dengan cara merebus ayam dengan menggunakan air kelapa. Memang banyak dijumpai di rumah makan Padang. Namun alangkah lezatnya kalau bisa mencicipi kuliner ayam pop di tanah aslinya.

5. TEH TALUA


Teh talua, kalau secara bahasa artinya adalah teh telur. Nama tersebut pun merupakan minuman yang dibuat dengan cara mencampurkan teh dengan telur. Sebagai pemanis, teh talua disajikan dengan menggunakan gula. Teh ini pun dipercaya mempunyai khasiat menambah stamina.

6. IKAN BALADO


Bumbu balado sudah terkenal ke mana-mana dan merupakan salah satu makanan khas Sumatera Barat yang enak. Di Sumatera Barat, Anda pun wajib untuk mencoba kuliner ikan balado yang tidak kalah lezatnya. Dengan rasa pedas manisnya, ikan balado ini pun bakal memuaskan hasrat kuliner Anda.

7. GULAI ITIAK


Kalau Cina punya kuliner bebek panggang peking, maka orang-orang Minangkabau mempunyai cita rasa yang tidak kalah lezatnya, yakni gulai itiak. Gulai ini merupakan gulai berbahan utama daging bebek yang dipotong tipis. Daging tersebut pun dicampur dengan berbagai jenis bumbu dan rempah-rempah.

8. SOTO PADANG


Nah, kalau berkunjung ke tanah Padang, jangan lupa juga untuk mencicipi menu soto Padang. Tidak kalah enaknya dibandingkan dengan soto lamongan, soto mie ataupun soto betawi.

9. KALIO DAGIANG


Penampilan kalio daging memang sangat mirip dengan rendang. Namun kalio daging ini mempunyai cita rasa yang tidak kalah dengan rendang. Terutama karena daging yang digunakan akan terasa lembut dan aroma wangi yang dimilikinya membuat lidah meleleh.

10. DENDENG BALADO


Masih menggunakan balado, dendeng balado juga menjadi sajian yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bisa juga untuk oleh-oleh lho.

Banyak sekali macam makanan di Sumatera Barat..Setiap kawasan di Sumatera Barat, memiliki makanan sebagai ciri khas daerah, yang biasa dijadikan sebagai buah tangan (oleh-oleh) misalnya: Padang terkenal dengan bengkuang, Padang Panjang terkenal dengan pergedel jaguang, Bukittinggi dengan karupuak sanjai, Payakumbuh dengan galamai. Selain itu Sumatera Barat juga memiliki ratusan resep, seperti kipang kacang, bareh randang, dakak-dakak, rakik maco, pinyaram, Karupuak Balado, dan termasuk juga menghasilkan Kopi Luwak.

~ TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG ~
~ DI ~
~ SEJUTA LANGKAH KITA ~


EmoticonEmoticon